Tuesday, November 22, 2011

Kerja Sambil Kuliah dan Sebaliknya

Mungkin banyak diantara temen-temen yang saat ini sedang menjalani dua kehidupan, maksudnya kerja sambil kuliah, atau sebaliknya. Jika ia, berarti kita berada dalam situasi yang sama. Saya merasa sangat kesulitan membagi waktu, apalagi tempat saya bekerja menggunakan sistem shift (tau deh bener pa gak tulisannya), jadi saya harus mengorbankan waktu temen lainnya dengan mengambil semua shift pagi plus harus merayu supervisor untuk setuju membuatkan schedule yang mementingkan diri sendiri ini.

Temen saya yang bekerja bersama saya sementara ini masih bisa mengerti kebutuhan saya, dan mau mengalah untuk saya. Thanks to you all, (Mas Razak, Melia, Kabel, Denok, Mbok Alit dkk.) saya sangat menghargai apa yang kalian lakukan untuk saya. Atas kerjasama kalian saya masih bisa mengikuti perkuliahan dengan lancar.
Ada salah seorang teman saya yang tidak pernah kehilangan semangatnya untuk belajar, Sudarmika-inspirasiku. Banyak sekali hal-hal yang perlu pelajari dari dia, terutama ketulusannya dalam melakukan segala sesuatu. Rajin, polos, pengertian dan tidak pernah men-judge seberapapun besar kesalahan atau kekeliruan yang telah dilakukan oleh orang lain, ia selalu bisa melihat dari pandangan orang lain. Ia juga sangat pintar membagi waktunya, kerja + kuliah dan juga waktu untuk kekasihnya. Dia merupakan seorang pekerja yang rajin, mahasiswa yang aktif, dan kekasih yang penyayang, sungguh jauh dari saya- malas dalam kedua hal, tapi saya penyayang lo, hanya belum bertemu dengan yang disayangi saja. 
Sebenarnya saya ingin mengetahui metode teman-teman yang bekerja sambil kuliah ataupun kuliah sambil bekerja tentang bagaimana mengatur secara efektif dan efesien, karena selama ini saya merasa bahwa saya telah banyak membuang waktu saya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak berkaitan dengan kedua kehidupan yang saya jalani sekarang. 
Beberapa time management yang mungkin berguna bagi saya maupun kamu saya temukan di blog collegeathome.com , seperti;
  • Catat hal penting - otak kita memiliki keterbatasan dalam mengingat, maka akan lebih mudah mengingat hal-hal kecil dengan mencatatnya.
  • Ambil mata kulaih secukupnya - ambisi untuk cepat lulus boleh-boleh saja, namun mengambil mata kuliah berlebih hanya akan mengakibatkan stres dan ketidakkonsentrasian kita terhadap apa yang kita lakukan.
  • Kerapian - atur file-file penting, kertas-kertas, buku-buku, sedemikian rupa sehingga saat kamu memerlukannya akan mudah mendapatkannya. Mungkin hal ini terlihat kecil, namun jika tidak dilakukan, akan menjadi penghambat yang menjengkelkan.
  • Fokus pada satu hal - multitasking memang terlihat seperti suatu yang cemerlang, namun ternyata akan lebih baik hasilnya jika kita melakukan satu hal pada satu saat.
  • Kendalikan waktumu - ada kalanya dimana kita dikendalikan oleh waktu, namun kini kita harus bisa mengendalikan waktu. Belajarlah untuk berkata tidak pada beberapa hal bila perlu.
  • Hindari hiburan yang terlalu banyak - hiburan memang penting untuk membawa kita ke situasi yang membuat otak kita tidak terlalu tegang. Namun jika terlalu banyak hiburan, kita cenderung akan menomerduakan yang seharusnya menjadi prioritas utama.
  • Pelajari materi sampai tuntas - terkadang kita memang menemukan materi yang terlihat susah dan sering kali kita berpikir bahwa kita akan mengetahuinya atau menguasainya as time goes by. Namun tidak seperti itu adanya, lebih baik kita mengerti sekarang daripada kita harus mempelajarinya lagi disaat kita seharusnya sudah menguasainya.
  • Kuasai sekitarmu - dunia ini penuh dengan pengalihperhatian. Fokuslah terhadap apa yang seharusnya kamu lakkukan, jangan terbawa lingkungan, jika lingkungan itu bisa membuatmu keluar jalur.
  • Percayai kemampuanmu -dalam buku-buku tulis pada saat saya masih duduk di bangku SMP dulu, ada banyak tulisan you'll never know till you have tried. Yup, jangan pernah berpikir kamu tidak bisa melakukan sesuatu sampai kamu mencobanya sendiri.
  • Manfaatkan kelas dengan baik -mengobrol dengan teman bisa dilakukan di luar kelas. Biasakan membaca materi yang akan disampaikan oleh dosen sebelum kelas dimulai, jadi kamu bisa memiliki gambaran tentang apa yang akan dibahas nanti dan bisa fokus terhadap hal-hal yang paling penting. Selain itu kamu juga bisa melontarkan pertanyaan yang bagus, dan itu merupakan nilai plus kamu di mata dosen.
  • Ketahuilah hal-hal penting untukmu -setiap orang memiliki kepentingan berbeda-beda dengan kuliahnya. Ada yang ingin mendapatkan nilai yang bagus, ada yang ingin menikmati proses kuliah, dan ada juga yang lebih cenderung berangkat ke kampus untuk bertemu dan berkumpul bersama teman-teman lainnya. Jadi ketahuilah apa tujuan kita ke kampus dan ambil tindakan yang perlu untuk mencapainya.
Nah, itu beberapa saran dari blog sebelah, sebenarnya masih ada banyak lagi tapi saya harus segera tidur karena besok harus kerja pagi-pagi sekali. Kalau teman-teman punya saran lainnya mungkin bisa ditambahkan disini ya... ??  Terimakasih sudah mau mampir ke sini ..huuuuaaaaaaahhhhhheeeeemmm............. sory..

No comments:

Post a Comment