Friday, November 25, 2011

Kuliah itu Mendengarkan

Saya mengerti akan kebutuhan kita bersosialisasi. Ada joke yang mengatakan tentang mengapa hanya itik yang tidak bisa bertelor, sedangkan unggas lainnya bisa bertelor. Joke tersebut mengatakan bahwa si itik tidak hadir saat penjelasan tentang bertelor diterangkan oleh dosen Petelornya. Sebenarnya itik itu datang waktu itu, hanya saja itik terlalu sibuk mengobrol dengan sesama itik jadi si itik pada saat itu tidak mendengarkan apa yang dosen Petelornya katakan.

Di sini saya lihat bahwa ternyata, mengobrol saat dosen menjelaskan sama ruginya dengan tidak hadir sama sekali, bahkan bisa dikatakan lebih buruk. Kenapa?? Karena jika kita tidak datang pada saat pertemuan tertentu, dan ada orang lain menanyakan kepada kita tentang apa yang dibicarakan atau dibahas dalam pertemuan tersebut, wajar kalau kita tidak tahu. Namun jika kita datang pada pertemuan itu, dan saat ditanyai mengenai isi tentang pertemuan itu kita tidak tahu dan tidak bisa menjawab, lalu apa bedanya dengan yang tidak datang??

Mungkin saja kita sudah mengetahui materi, bahkan mungkin menguasainya sehingga kita merasa tidak perlu lagi untuk mendengarkan ceramah membosankan dari pak dosen. Namun ingatlah, kita tidak sendirian, teman-teman yang lain, belum tentu memiliki kemampuan yang sama dengan kita. Jadi berilah mereka ruang untuk berkembang dengan ikut menyepikan diri saat dosen berbicara agar mereka (teman-teman kita) bisa menyerap dan memahami materi dengan baik.

 Get the most out of class. If you’re just going to class to sleep or talk to you friends, you’re wasting time you could be using to do other things. Read over class materials ahead of time so you have a rough idea of what class will be about. This will allow you to concentrate on the elements of the lessons that are truly important and make it easier for you to study in the future.

yang secara kasarnya saya coba translitkan menjadi  

Manfaatkan kelas sebaik mungkin. Jika kamu masuk/berangkati ke kelas hanya untuk tidur atau berbincang dengan temanmu, kamu sedang membuang-buang waktumu yang seharusnya bisa kamu lakukan untuk hal lain (jika kamu tidak ke kelas). Baca dulu materi kelas yang kira-kira akan disampaikan oleh dosen sebelum kamu masuk kelas jadi kamu bisa mengetahui sekilas gambaran tentang materi tersebut. Jika kamu melakukannya, maka kamu dapat berkonsentrasi pada bagian-bagian  pelajaran yang benar-benar penting atau belum kamu mengerti sehingga kamu bisa lebih mudah mempelajari materi tersebut selanjutnya. 

Ini hanyalah saran, saya juga gak bilang kalau saya orang yang paling sepi di kelas, in fact saya sangat suka sekali berbicara, jika disuruh mengulang sebuah presentasi, saya akan dengan senang hati mengulangnya berkali-kali, cuz i love talking and i wanted to get used to talking in front of the class. 

Ketahuilah apa yang benar benar kamu inginkan, jika kamu ingin mencari teman carilah teman sebanyak mungkin, tapi kalau kuliah itu kita mencari ilmu.Tulisan ini saya buat dengan tujuan untuk mengajak semua teman teman yang sedang berkuliah untuk menhargai apa yang kita atau orang tua kita bayar, mencintai apa yang sebenarnya paling kita perlukan. Saya harap, tulisan ini dilihat dari segala sisi, agar tidak menimbulkan kesalahpahaman diantara saya dengan kalian. Jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan, saya minta maaf. 

No comments:

Post a Comment